Pembahasan 4 : Analisa Sumber Daya Saing PT. Telkom



Analisa Sumber Daya Saing PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.  

Seperti yang kita ketahui bahwasannya PT. Telkom merupakan salah satu perusahaan milik negara yang pastinya mendapat dukungan besar dari pemerintah, namun selain keuntungan tersebut PT. Telkom tentu telah sangat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia secara umum dan dipercaya sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan provider, internet maupun tv kabel terbaik yang menjadi pelopor dalam industri telekomunikasi di Indonesia. Maka dari itu tentu tidak heran jika  PT. Telkom memiliki kekuatan berupa citra yang sangat baik di mata masyarakat dan dapat menjadi pemimpin pasar dengan berbagai merek produknya yang telah terpercaya. PT. Telkom juga cukup baik dalam mengikuti perkembangan teknologi dan pasar sehingga dapat terus bertahan dengan inovasi produk yang sesuai kebutuhan pasar.
Namun PT. Telkom masih perlu mengatasi kelemahan dalam hal kualitas beberapa produk layanan internet dan tv kabel yang masih dinilai kurang stabil ketika cuaca sedang buruk. Selain itu PT. Telkom juga perlu lebih memperhatikan berbagai aspek dalam menghadapi ancaman meningkatnya persaingan seperti aspek harga pasar yang jika dibandingkan dengan pesaing, harga produk PT. Telkom masih relative mahal.
Untuk lebih memahami posisi PT Telkom, tentu analisis SWOT adalah cara untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang sedang dihadapi oleh PT. Telkom. Berikut Ringkasan Analisis SWOT untuk PT. Telkom Indonesia :

Strengths (Kekuatan)
  • Memiliki SDM yang berkualitas
  • Menawarkan jaminan fasilitas kesejahteraan karyawan
  • Memiliki keunggulan teknologi terutama dalam hal signal
  • Memiliki kekuatan finansial yang sangat besar
  • Produk yang ditawarkan beragam
  • Mempunyai jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup seluruh wilayah tanah air sehingga sangat memudahkan perusahaan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi pasar

Weakness (Kelemahan)
  •  Jumlah SDM masih terlampau besar, hal ini menyebabkan kurang efisien dalam hal anggaran untuk menggaji pegawainya
  • Harga produk cukup mahal
  • Kurangnya pemasaran untuk beberapa jenis produk
  • Penggunaan fiber optic sebagai teknologi terbaru kurang optimal

Opportunities (Peluang)
  • Tingginya permintaan masyarakat terhadap akses internet
  • Citra merek perusahaan sangat baik di masyarakat Indonesia
  • Pertumbuhan industri telekomunikasi dan informasi terus berkembang dan mempunyai peranan penting di Indonesia.
  • Saham terbesar dimiliki oleh pemerintah
  • Adanya dukungan dari pemerintah
  • Meningkatnya pertumbuhan penduduk


Threats (Ancaman)
  • Kesulitan memperoleh izin dari pemerintah mengenai kebijakan
  • Beberapa produk sudah tertinggal karena tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini
  • Kondisi perekonomian yang tidak stabil
  • Ancaman keamanan seperti terjadinya pencurian atau vandalisme pada jaringan akses kabel Telkom
  • Banyaknya pesaing dengan penawaran harga yang lebih variatif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan 8 : Diagram SWOT dan Prioritas Strategi PT Telkom