Pembahasan 4 : Analisa Sumber Daya Saing PT. Telkom
Analisa Sumber Daya Saing PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.
Seperti yang kita ketahui
bahwasannya PT. Telkom merupakan salah satu perusahaan milik negara yang
pastinya mendapat dukungan besar dari pemerintah, namun selain keuntungan
tersebut PT. Telkom tentu telah sangat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia
secara umum dan dipercaya sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan
provider, internet maupun tv kabel terbaik yang menjadi pelopor dalam industri telekomunikasi
di Indonesia. Maka dari itu tentu tidak heran jika PT. Telkom memiliki kekuatan berupa citra yang
sangat baik di mata masyarakat dan dapat menjadi pemimpin pasar dengan berbagai
merek produknya yang telah terpercaya. PT. Telkom juga cukup baik dalam
mengikuti perkembangan teknologi dan pasar sehingga dapat terus bertahan dengan
inovasi produk yang sesuai kebutuhan pasar.
Namun PT. Telkom masih perlu mengatasi
kelemahan dalam hal kualitas beberapa produk layanan internet dan tv kabel yang
masih dinilai kurang stabil ketika cuaca sedang buruk. Selain itu PT. Telkom juga
perlu lebih memperhatikan berbagai aspek dalam menghadapi ancaman meningkatnya
persaingan seperti aspek harga pasar yang jika dibandingkan dengan pesaing,
harga produk PT. Telkom masih relative mahal.
Untuk lebih memahami posisi PT Telkom, tentu analisis
SWOT adalah cara untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang
sedang dihadapi oleh PT. Telkom. Berikut Ringkasan Analisis SWOT untuk PT.
Telkom Indonesia :
Strengths (Kekuatan)
- Memiliki SDM
yang berkualitas
- Menawarkan jaminan
fasilitas kesejahteraan karyawan
- Memiliki
keunggulan teknologi terutama dalam hal signal
- Memiliki
kekuatan finansial yang sangat besar
- Produk yang
ditawarkan beragam
- Mempunyai
jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup seluruh wilayah tanah air
sehingga sangat memudahkan perusahaan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi
pasar
Weakness (Kelemahan)
- Jumlah SDM masih
terlampau besar, hal ini menyebabkan kurang efisien dalam hal anggaran untuk
menggaji pegawainya
- Harga produk
cukup mahal
- Kurangnya
pemasaran untuk beberapa jenis produk
- Penggunaan fiber optic sebagai teknologi terbaru
kurang optimal
Opportunities (Peluang)
- Tingginya
permintaan masyarakat terhadap akses internet
- Citra merek perusahaan sangat baik di masyarakat Indonesia
- Pertumbuhan industri telekomunikasi dan informasi terus
berkembang dan mempunyai peranan penting di Indonesia.
- Saham terbesar
dimiliki oleh pemerintah
- Adanya dukungan
dari pemerintah
- Meningkatnya pertumbuhan
penduduk
Threats (Ancaman)
- Kesulitan
memperoleh izin dari pemerintah mengenai kebijakan
- Beberapa produk sudah tertinggal karena tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini
- Kondisi
perekonomian yang tidak stabil
- Ancaman keamanan seperti terjadinya pencurian atau vandalisme pada jaringan akses kabel Telkom
- Banyaknya pesaing dengan penawaran harga yang lebih variatif
Komentar
Posting Komentar