Pembahasan 3 : Analisis Visi, Misi dan Tujuan PT Telkom



Analisis Visi, Misi dan Tujuan
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

By :
Dewi Apriliani


Analisis Visi, Misi, Tujuan dengan kaidah SMART

Simple (Sederhana)
Simple yang dimaksud adalah bahwasannya sebuah tujuan harus dirumuskan dalam suatu yang sederhana dan mudah dimengerti, sehingga dapat dipahami oleh semua anggota organisasi. Pada PT. Telkom ini dapat kita ketahui bahwa visi dan tujuan yang dibuat oleh para pemilik perusahaan sangat singkat bahkan hampir serupa dengan slogan, namun visi yang dipilih PT. Telkom ini juga sudah cukup jelas menggambarkan tujuan perusahaan di masa mendatang. Kata “Be The King of Digital” yang berarti menjadi raja digital ini menunjukkan tujuan PT. Telkom untuk menjadi perusahaan yang dapat menguasai dunia digital mulai dari bidang teknologi, informasi dan komunikasi. Sedangkan kata “Region” atau daerah ini menunjukkan wilayah dimana PT. Telkom berada.

Measurable (Terukur)
Measurable berarti sebuah tujuan perusahaan harus memiliki standar yang jelas, kongkrit, dan terukur sehingga mampu menjadi motivasi bagi karyawan. Visi dan misi yang telah dirumuskan oleh PT. Telkom ini sudah dapat disebut sebagai visi misi yang terukur dan kongkrit karena pembuatan visi dan misi perusahaan juga telah didasarkan pada kemampuan perusahaan yang saat ini juga telah menjadi market leader dalam dunia telekomunikasi di Indonesia. Selain itu dengan adanya tujuan yang strategik yang lebih rinci yakni dengan ingin menjadi salah satu pasar terbesar di Asia-Pasifik menjadikan visi dan misi yang dibuat oleh PT. Telkom ini menjadi lebih terukur, jelas dan kongkrit.

Applicable (Dapat Berlaku)
Dalam kaidah ini, tujuan yang dibuat oleh perusahaan harus layak dan perusahaan mampu untuk melaksanakannya.
Pembuatan tujuan PT Telkom ini tidak dibuat tanpa perencanaan strategi yang matang untuk mewujudkannya. PT Telkom telah membuat banyak strategi perusahaan untuk mewujudkan tujuan yang telah mereka tetapkan, beberapa strategi tersebut antara lain :
Directional Strategy: Disruptive competitive growth
Di tengah perubahan lingkungan industri yang sangat menantang, TelkomGroup yakin bahwa kapitalisasi pasar akan tumbuh secara signifikan. Ini dilakukan dengan cara memberikan nilai lebih kepada pelanggan melalui inovasi produk dan layanan, mendorong sinergi serta membangun ekosistem digital yang kuat baik di pasar domestik maupun internasional.          
Portfolio Strategy: Customer value through digital TIMES portfolio
TelkomGroup berfokus pada portofolio digital TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services) melalui penyediaan layanan yang nyaman dan konvergen sehingga memberikan nilai yang tinggi kepada pelanggan.
Parenting Strategy: Strategic Control
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara efektif, TelkomGroup menerapkan pendekatan strategic control untuk menyelaraskan unit bisnis, unit fungsional dan anak perusahaan agar proses dapat berjalan lebih terarah, bersinergi, dan efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.

Berdasarkan strategi di atas, terlihat bahwa PT Telkom telah siap dalam menghadapi persaingan global di masa mendatang sehingga tujuan yang telah dibuat oleh perusahaan berkemungkinan besar dapat terwujud di masa yang akan datang.


Reliable (Dapat DIipercaya)
Reliable maksudnya adalah tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan harus sesuai dengn harapan pemilik perusahaan dan realita zaman.
Dalam menetapkan tujuan perusahaannya, PT. Telkom juga telah mempertimbangkan kemampuan perusahaan untuk mewujudkan tujuan tersebut berdasarkan kondisi perusahaan saat ini. Pada tahun 2018 nilai merek (Brand Value) PT Telkom mengalami kenaikan signifikan sebesar USD 5,2 miliar, lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2017 yang bernilai USD 4,33 miliar. Bahkan PT Telkom menjadi satu-satunya perusahaan perusahaan Indonesia yang menembus Global 500 dengan menduduki peringkat 341 berdasarkan laporan Brand Finance yang dirilis Februari 2018, serta masih banyak lagi perkembangan kesuksesan yang terus ditunjukkan oleh PT. Telkom hingga saat ini. Banyaknya kemajuan ini sudah tentu cukup menjadi bukti bahwa tujuan yang ditetapkan oleh PT Telkom sudah sesuai dengan harapan dan realita kondisi perusahaan saat ini.

Timeable (Sesuai Waktu)
Timeable merupakan memiliki tenggang waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam  waktu  tertentu. Tujuan utama PT Telkom yakni perusahaan akan menjadi Top 10 Market Capitalization Telco in Asia-Pacific by 2020 and maintain its stronghold position (10 kapitalisasi pasar terbaik dalam telekomunikasi di Asia-Pasifik pada 2020 dan menjaga posisi tersebut). Dalam tujuan tersebut terdapat tahun 2020 yang dicantumkan sebagai waktu acuan pencapaian tujuan perusahaan, tentunya berdasarkan tujuan tersebut sudah jelas bahwa PT Telkom telah memenuhi kaidah timeable dalam merumuskan tujuan perusahaan.

Conclusion


        Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat kita ketahui bahwasannya visi, misi dan tujuan dari PT Telkom Indonesia secara keseluruhan telah sesuai dan memenuhi kriteria kaidah SMART (Simple, Measurable, Applicable, Reliable, dan Timeable) sehingga visi misi dari PT Telkom ini menjadi sangat jelas dan terarah sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini dan akan menjadi motivasi bagi perusahaan untuk dapat mewujudkan segala tujuan yang telah dibuat dalam visi misi tersebut di masa yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan 8 : Diagram SWOT dan Prioritas Strategi PT Telkom