Pembahasan 3 : Analisis Visi, Misi dan Tujuan PT Telkom
Analisis Visi, Misi dan Tujuan
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk
By :
Dewi Apriliani
Analisis Visi, Misi, Tujuan dengan kaidah SMART
Simple (Sederhana)
Simple yang dimaksud
adalah bahwasannya sebuah tujuan harus dirumuskan dalam suatu yang sederhana
dan mudah dimengerti, sehingga dapat dipahami oleh semua anggota organisasi. Pada PT. Telkom ini dapat
kita ketahui bahwa visi dan tujuan yang dibuat oleh para pemilik perusahaan sangat
singkat bahkan hampir serupa dengan slogan, namun visi yang dipilih PT. Telkom
ini juga sudah cukup jelas menggambarkan tujuan perusahaan di masa mendatang. Kata
“Be The King of Digital” yang berarti menjadi raja digital ini menunjukkan
tujuan PT. Telkom untuk menjadi perusahaan yang dapat menguasai dunia digital
mulai dari bidang teknologi, informasi dan komunikasi. Sedangkan kata “Region”
atau daerah ini menunjukkan wilayah dimana PT. Telkom berada.
Measurable (Terukur)
Measurable berarti
sebuah tujuan perusahaan harus memiliki standar yang jelas, kongkrit, dan
terukur sehingga mampu menjadi motivasi bagi karyawan. Visi dan misi yang
telah dirumuskan oleh PT. Telkom ini sudah dapat disebut sebagai visi misi yang
terukur dan kongkrit karena pembuatan visi dan misi perusahaan juga telah
didasarkan pada kemampuan perusahaan yang saat ini juga telah menjadi market leader dalam dunia telekomunikasi
di Indonesia. Selain itu dengan adanya tujuan yang strategik yang lebih rinci
yakni dengan ingin menjadi salah satu pasar terbesar di Asia-Pasifik menjadikan
visi dan misi yang dibuat oleh PT. Telkom ini menjadi lebih terukur, jelas dan
kongkrit.
Applicable (Dapat Berlaku)
Dalam kaidah ini, tujuan yang dibuat oleh perusahaan
harus layak dan perusahaan mampu untuk melaksanakannya.
Pembuatan tujuan PT Telkom ini tidak dibuat tanpa perencanaan
strategi yang matang untuk mewujudkannya. PT Telkom telah membuat banyak strategi
perusahaan untuk mewujudkan tujuan yang telah mereka tetapkan, beberapa
strategi tersebut antara lain :
Directional Strategy: Disruptive
competitive growth
Di tengah perubahan
lingkungan industri yang sangat menantang, TelkomGroup yakin bahwa kapitalisasi
pasar akan tumbuh secara signifikan. Ini dilakukan dengan cara memberikan nilai
lebih kepada pelanggan melalui inovasi produk dan layanan, mendorong sinergi
serta membangun ekosistem digital yang kuat baik di pasar domestik maupun
internasional.
Portfolio Strategy:
Customer value through digital TIMES portfolio
TelkomGroup berfokus
pada portofolio digital TIMES (Telecommunication, Information, Media,
Edutainment & Services) melalui penyediaan layanan yang nyaman dan
konvergen sehingga memberikan nilai yang tinggi kepada pelanggan.
Parenting Strategy:
Strategic Control
Untuk mendukung
pertumbuhan bisnis secara efektif, TelkomGroup menerapkan pendekatan strategic
control untuk menyelaraskan unit bisnis, unit fungsional dan anak perusahaan
agar proses dapat berjalan lebih terarah, bersinergi, dan efektif dalam
mencapai tujuan perusahaan.
Berdasarkan strategi di atas, terlihat bahwa PT Telkom telah
siap dalam menghadapi persaingan global di masa mendatang sehingga tujuan yang
telah dibuat oleh perusahaan berkemungkinan besar dapat terwujud di masa yang
akan datang.
Reliable (Dapat DIipercaya)
Reliable maksudnya adalah tujuan yang
ditetapkan oleh perusahaan harus sesuai dengn harapan pemilik perusahaan dan
realita zaman.
Dalam menetapkan tujuan
perusahaannya, PT. Telkom juga telah mempertimbangkan kemampuan perusahaan
untuk mewujudkan tujuan tersebut berdasarkan kondisi perusahaan saat ini. Pada
tahun 2018 nilai merek (Brand Value)
PT Telkom mengalami kenaikan signifikan sebesar USD 5,2 miliar, lebih tinggi
dibandingkan pada tahun 2017 yang bernilai USD 4,33 miliar. Bahkan PT Telkom
menjadi satu-satunya perusahaan perusahaan Indonesia yang menembus Global 500
dengan menduduki peringkat 341 berdasarkan laporan Brand Finance yang dirilis Februari
2018, serta masih banyak lagi perkembangan kesuksesan yang terus ditunjukkan oleh
PT. Telkom hingga saat ini. Banyaknya kemajuan ini sudah tentu cukup menjadi bukti
bahwa tujuan yang ditetapkan oleh PT Telkom sudah sesuai dengan harapan dan
realita kondisi perusahaan saat ini.
Timeable (Sesuai Waktu)
Timeable merupakan
memiliki tenggang waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam
waktu tertentu. Tujuan utama PT Telkom yakni perusahaan akan menjadi
Top 10 Market
Capitalization Telco in Asia-Pacific by 2020 and maintain its stronghold position
(10 kapitalisasi pasar terbaik dalam
telekomunikasi di Asia-Pasifik pada 2020 dan menjaga posisi tersebut). Dalam tujuan
tersebut terdapat tahun 2020 yang dicantumkan sebagai waktu acuan pencapaian
tujuan perusahaan, tentunya berdasarkan tujuan tersebut sudah jelas bahwa PT
Telkom telah memenuhi kaidah timeable dalam merumuskan tujuan
perusahaan.
Conclusion
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat kita ketahui bahwasannya visi, misi dan tujuan dari PT Telkom Indonesia secara keseluruhan telah sesuai dan memenuhi kriteria kaidah SMART (Simple, Measurable, Applicable, Reliable, dan Timeable) sehingga visi misi dari PT Telkom ini menjadi sangat jelas dan terarah sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini dan akan menjadi motivasi bagi perusahaan untuk dapat mewujudkan segala tujuan yang telah dibuat dalam visi misi tersebut di masa yang akan datang.
Komentar
Posting Komentar