Pembahasan 14 - Analisis Competitive Advantage PT Telkom





Competitive Advantage (Sumber Utama)

Cost Advantage
Differentiation Advantage
Marketing Advantage
Variable Cost Advantage :
1.    Scope Effect
Meluncurkan bermacam produk provider seperti Simpati, Telkomsel, As yang menggunakan material dan proses pembuatan yang sama sehingga dapat menekan biaya rata-rata per unit
2.    Learning Effect
PT Telkom memproduksi produk baru dengan fitur yang lebih baik dengan berdasarkan feedback konsumen mengenai produk sebelumnya seperti membuat produk Indihome untuk melengkapi produk Speedy
Product Advantage :
PT Telkom dengan jangkauan jaringan yang luas diiringi kualitas sinyal 4G LTE sangat mampu bersaing untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan internet.
Ketersediaan tower-tower pemancar yang terdapat di pelosok daerah dengan maintenance yang sangat baik, terkontrol dan berkelanjutan.

Channel Advantage :
PT Telkom banyak memiliki kerjasama dengan perusahaan besar untuk mengembangkan produk baru seperti kerjasama dengan PT Distribusi Voucher Nusantara (DIVA) dalam pembuatan T-Kiosk hingga membuat Telkom semakin dikenal oleh masyarakat luas.
Marketing Cost Advantage :
PT Telkom dapat menjual banyak produk pada pelanggan yang sama, karena PT Telkom telah memiliki brand image yang baik di kalangan masyarakat Indonesia, sehingga promosi dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya promosi yang besar untuk tiap produk.
Service Advantage :
Memberikan layanan yang maksimal untuk menanggapi segala bentuk saran, masukan dan keluhan pengguna melalui service center secara langsung yakni gerai Telkomsel/GraPARI serta pelayanan online melalui website resmi dan aplikasi.

Sales Force Advantage :
Ikut serta dalam berbagai event / acara besar maupun pameran sebagai sarana promosi produk terbaru maupun yang telah lama ada.
Operating Cost Avantage :
PT Telkom memang memiliki biaya operasional yang relatif lebih tinggi dibanding pesaingnya. Hal ini dikarenakan perusahaan menggunakan biaya yang cukup besar untuk pelaksanaan maintenance (pemeliharaan) produk hingga produk dapat memiliki kualitas yang baik dan stabil.
Namun dengan biaya operasional yang tinggi tersebut perusahaan tetap memperoleh keuntungan.
Brand Advantage :
Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, PT Telkom telah memiliki reputasi yang sangat baik dan terpercaya di bawah naungan pemerintah.
Brand Awareness :
Mengandalkan media massa dan partnership untuk menyebarkan informasi mengenai berbagai jenis produk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan 8 : Diagram SWOT dan Prioritas Strategi PT Telkom