Pembahasan 14 - Analisis Competitive Advantage PT Telkom
Competitive Advantage (Sumber Utama)
Cost
Advantage
|
Differentiation
Advantage
|
Marketing
Advantage
|
Variable Cost Advantage :
1.
Scope Effect
Meluncurkan bermacam produk provider seperti
Simpati, Telkomsel, As yang menggunakan material dan proses pembuatan yang
sama sehingga dapat menekan biaya rata-rata per unit
2.
Learning Effect
PT Telkom memproduksi produk baru dengan fitur
yang lebih baik dengan berdasarkan feedback konsumen mengenai produk
sebelumnya seperti membuat produk Indihome untuk melengkapi produk Speedy
|
Product Advantage :
PT Telkom dengan jangkauan
jaringan yang luas diiringi kualitas sinyal 4G LTE sangat mampu bersaing
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan internet.
Ketersediaan tower-tower
pemancar yang terdapat di pelosok daerah dengan maintenance yang sangat baik,
terkontrol dan berkelanjutan.
|
Channel Advantage :
PT Telkom banyak memiliki kerjasama
dengan perusahaan besar untuk mengembangkan produk baru seperti kerjasama
dengan PT Distribusi Voucher Nusantara (DIVA) dalam pembuatan T-Kiosk hingga
membuat Telkom semakin dikenal oleh masyarakat luas.
|
Marketing Cost Advantage :
PT
Telkom dapat menjual banyak produk pada pelanggan yang sama, karena PT Telkom
telah memiliki brand image yang baik di kalangan masyarakat Indonesia,
sehingga promosi dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya
promosi yang besar untuk tiap produk.
|
Service Advantage :
Memberikan layanan yang maksimal untuk
menanggapi segala bentuk saran, masukan dan keluhan pengguna melalui service center
secara langsung yakni gerai Telkomsel/GraPARI serta pelayanan online melalui website
resmi dan aplikasi.
|
Sales Force Advantage :
Ikut serta dalam berbagai event / acara besar maupun pameran sebagai
sarana promosi produk terbaru maupun yang telah lama ada.
|
Operating Cost Avantage :
PT
Telkom memang memiliki biaya operasional yang relatif lebih tinggi dibanding
pesaingnya. Hal ini dikarenakan perusahaan menggunakan biaya yang cukup besar
untuk pelaksanaan maintenance
(pemeliharaan) produk hingga produk dapat memiliki kualitas yang baik dan
stabil.
Namun
dengan biaya operasional yang tinggi tersebut perusahaan tetap memperoleh
keuntungan.
|
Brand Advantage :
Sebagai perusahaan
telekomunikasi terbesar di Indonesia, PT Telkom telah memiliki reputasi yang
sangat baik dan terpercaya di bawah naungan pemerintah.
|
Brand Awareness :
Mengandalkan media massa dan partnership
untuk menyebarkan informasi mengenai berbagai jenis produk
|
Komentar
Posting Komentar