Pembahasan 5 : Analisis Value Chain PT. Telkom







Aktifitas Primer

Dalam menjalankan aktifitas primer, PT. Telkom sudah menjalankan segala aktivitas utama dengan baik sesuai dengan strandar yang telah ditetapkan, namun PT. Telkom memiliki fokus lebih terhadap beberapa aspek penting yang kemudian menjadi keunggulan perusahaan, diantaranya layanan pada pelanggan dan logistik ke luar.
A. Layanan Pelanggan
Pelanggan adalah hal terpenting dalam berbagai bisnis yang dijalankan oleh perusahaan, maka dari itu demi memfasilitasi pelanggan agar dapat mengakses produk dan layanan mereka dengan baik, maka pihak perusahaan menciptakan beberapa layanan nilai tambah seperti memberikan fasilitas kemudan kepada pelanggan dalam mengakses segala informasi mengenai produk dan melayani berbagai keluhan pelanggan. Layanan ini terdiri dari berbagai bentuk misalnya PT. Telkom memiliki Plasa Telkom dan GraPARI sebagai sarana layanan offline atau langsung, layanan Call Center yang melayani keluhan via telepon yang tentu bebas pulsa dan fasilitas Web-In yang memungkinkan konsumen mengakses informasi dan layanan Telkom melalui web ‘www.telkom.co.id’.
Selain itu untuk memastikan kepuasan pelanggan, Telkom melakukan kerjasama dengan pihak survei independen secara berkalan untuk mengetahui tingkatan kepuasan pelanggan atas pelayanan yang konsumen gunakan.
B. Logistik Ke Luar
Dalam hal ini tidak diragukan lagi bahwasannya PT. Telkom memiliki nilai tambah dalam hal distribusi produk ke seluruh daerah di Indonesia, hal ini dapat dibuktikan dengan Telkom yang saat ini menjadi layanan telekomunikasi dengan jangkauan terluas hingga mencapai daerah pelosok yang belum dapat dijangkau oleh perusahaan telekomunikasi lain.
Aktifitas Pendukung

Fokus aktifitas pendukung pada PT Telkom lebih banyak pada bidang manajemen dan pengembangan Sumber Daya Manusia yang ada. Seperti yang kita ketahui bahwasannya Telkom merupakan salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan seluruh karyawannya hingga akan menjadi kesenangan tersendiri bagi para pekerja yang bekerja di PT. Telkom. Pemusatan perhatian pada SDM ini dilakukan oleh Telkom karena peran SDM dianggap sangat berpengaruh dalam upaya mewujudkan visi, misi dan tujuan perusahaan.  Adapun beberapa upaya PT. Telkom dalam memaksimalkan SDM yang dimiliki antara lain :
a. Penghargaan Karyawan.
Telkom secara rutin memberikan penghargaan sebagai apresiasi kinerja karyawan berprestasi. Apresiasi ini bisa berupa kesempatan untuk ziarah keagamaan, benchmarking, seminar internasional, dan pemberian insentif khusus.

b. Pelayanan SDM Berbasis IT.
Untuk memudahkan koordinasi kebijakan dan strategi perusahaan, maka disediakan infkrastruktur komunikasi yang terintegrasi satu sama lain. Hal itu mencakup kerja individu online, absensi online, Surat Perintah Perjalanan Dinas online, cuti online, karir online, dan Setoran Pajak Tahunan.

c. Pengadaan Program Pensiun
Pihak Telom memiliki beberapa program pensiun, yaitu program Pensiun Manfaat Pasti dan program Pensiun Iuran Pasti.

d. Program Pelayanan Kesehatan
Program ini berupa layanan kesehatan bagi pekerja dan pensiunan beserta keluarga inti yang dikelola oleh Yayasan Kesehatan (YAKES)

e Pendidikan dan Pelatihan SDM
PT. Telkom tidak akan ragu dalam mengeluarkan dana yang cukup besar untuk pelaksanaan program pelatihan dan pendidikan demi perkembangan dan kemajuan kemampuan para karyawan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan 8 : Diagram SWOT dan Prioritas Strategi PT Telkom