Pembahasan 5 : Analisis Value Chain PT. Telkom
Aktifitas
Primer
Dalam
menjalankan aktifitas primer, PT. Telkom sudah menjalankan segala aktivitas utama
dengan baik sesuai dengan strandar yang telah ditetapkan, namun PT. Telkom memiliki
fokus lebih terhadap beberapa aspek penting yang kemudian menjadi keunggulan
perusahaan, diantaranya layanan pada pelanggan dan logistik ke luar.
A.
Layanan Pelanggan
Pelanggan
adalah hal terpenting dalam berbagai bisnis yang dijalankan oleh perusahaan,
maka dari itu demi memfasilitasi pelanggan agar dapat mengakses produk dan
layanan mereka dengan baik, maka pihak perusahaan menciptakan beberapa layanan
nilai tambah seperti memberikan fasilitas kemudan kepada pelanggan dalam
mengakses segala informasi mengenai produk dan melayani berbagai keluhan
pelanggan. Layanan ini terdiri dari berbagai bentuk misalnya PT. Telkom
memiliki Plasa Telkom dan GraPARI sebagai sarana layanan offline atau langsung,
layanan Call Center yang melayani keluhan via telepon yang tentu bebas pulsa
dan fasilitas Web-In yang memungkinkan konsumen mengakses informasi dan layanan
Telkom melalui web ‘www.telkom.co.id’.
Selain
itu untuk memastikan kepuasan pelanggan, Telkom melakukan kerjasama dengan
pihak survei independen secara berkalan untuk mengetahui tingkatan kepuasan
pelanggan atas pelayanan yang konsumen gunakan.
B.
Logistik Ke Luar
Dalam
hal ini tidak diragukan lagi bahwasannya PT. Telkom memiliki nilai tambah dalam
hal distribusi produk ke seluruh daerah di Indonesia, hal ini dapat dibuktikan
dengan Telkom yang saat ini menjadi layanan telekomunikasi dengan jangkauan
terluas hingga mencapai daerah pelosok yang belum dapat dijangkau oleh
perusahaan telekomunikasi lain.
Aktifitas
Pendukung
Fokus
aktifitas pendukung pada PT Telkom lebih banyak pada bidang manajemen dan
pengembangan Sumber Daya Manusia yang ada. Seperti yang kita ketahui
bahwasannya Telkom merupakan salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan
seluruh karyawannya hingga akan menjadi kesenangan tersendiri bagi para pekerja
yang bekerja di PT. Telkom. Pemusatan perhatian pada SDM ini dilakukan oleh
Telkom karena peran SDM dianggap sangat berpengaruh dalam upaya mewujudkan
visi, misi dan tujuan perusahaan. Adapun
beberapa upaya PT. Telkom dalam memaksimalkan SDM yang dimiliki antara lain :
a.
Penghargaan Karyawan.
Telkom secara rutin memberikan penghargaan sebagai apresiasi kinerja karyawan
berprestasi. Apresiasi ini bisa berupa kesempatan untuk ziarah keagamaan,
benchmarking, seminar internasional, dan pemberian insentif khusus.
b.
Pelayanan SDM Berbasis IT.
Untuk memudahkan koordinasi kebijakan dan strategi perusahaan, maka disediakan
infkrastruktur komunikasi yang terintegrasi satu sama lain. Hal itu mencakup
kerja individu online, absensi online, Surat Perintah Perjalanan Dinas online,
cuti online, karir online, dan Setoran Pajak Tahunan.
c. Pengadaan Program Pensiun
Pihak Telom memiliki beberapa program pensiun,
yaitu program Pensiun Manfaat Pasti dan program Pensiun Iuran Pasti.
d. Program Pelayanan Kesehatan
Program ini berupa layanan kesehatan bagi
pekerja dan pensiunan beserta keluarga inti yang dikelola oleh Yayasan
Kesehatan (YAKES)
e Pendidikan dan Pelatihan SDM
PT. Telkom tidak akan ragu dalam mengeluarkan
dana yang cukup besar untuk pelaksanaan program pelatihan dan pendidikan demi
perkembangan dan kemajuan kemampuan para karyawan.
Komentar
Posting Komentar