Pembahasan 10 - Variasi Strategi PT. Telkom
Strategi perusahaan pada
Kuadran I :
Pada kuadran I (Strategi SO),
strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan
perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan, dalam hal ini PT Telkom
menggunakan strategi Pengembangan Produk
(Product Development)
Pelaksanaan strategi :
a.
Peluncuran
produk Indihome yang memiliki fitur lengkap dibandingkan produk sebelumnya
dengan layanan Triple Play dari Telkom dengan
teknologi 100% fiber yang terdiri dari Internet Fiber atau High Speed Internet
(Internet Cepat), Interactive TV (UseeTV) dan Phone (Telepon Rumah)
b.
Telkomsel
mengeluarkan berbagai jenis produk provider seperti kartuHalo, simPATI, Kartu
As, Kartu As Flexi, simPATI LOOP dan lainnya untuk memudahkan konsumen dalam
memilih provider yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
Kaitannya dengan Kuadran I
(SO Strategi) :
Pengembangan
produk dengan inovasi yang memadukan seluruh kebutuhan konsumen akan teknologi internet
menjadi satu paket praktis seperti Indihome ini merupakan yang pertama kali di
Indonesia dan menjadi produk unggulan PT. Telkom dalam pasar telekomunikasi di
Indonesia.
Strategi perusahaan pada
Kuadran II :
Pada kuadran II (Strategi WO)
ini perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk
memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan dengan menggunakan strategi Penetrasi
Pasar (Market Penetration)
Strategi yang digunakan :
a. Strategi penjualan dan pemasaran
berdasarkan sales operation density
dan cluster-based campaign. Telkomsel
merefleksikan pemahaman kebutuhan pelanggan dari berbagai wilayah dalam tarif.
Oleh karena itu, keberagaman tarif yang ditawarkan oleh Telkomsel berdasarkan
klaster menjadi lokalisasai tarif. Fleksibilitas harga atau tarif berdasarkan
klaster menjadi salah satu keunggulan Telkomsel.
b. Berbagai layanan konsumen
seperti GraPARI, web resmi, sosial media dan layanan call center tidak akan
membuat konsumen kesulitan dalam mengajukan berbagai keluhan terkait produk
Telkom.
Kaitannya dengan
Kuadran II (WO Strategi) :
Jenis
pemasaran sales operation density dan
cluster-based campaign ini sangat
efektif dalam mengatasi kelemahan PT Telkom dalam hal pemasaran dan harga pasar
karena jenis pemasaran ini dapat membuat konsumen lebih memahami mengenai
alasan tingginya harga produk Telkom.
Strategi perusahaan pada
Kuadran III :
Strategi pada kuadran III (Strategi
ST) dengan menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan
menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang dapat dilakukan dengan Diversifikasi Konglomerat
Strategi yang digunakan :
a. Telkom menggagas pembentukan
Indigo sebagai incubator dan akselerator start-up
di Indonesia, program ini merupakan program baru dan berbeda dari yang
pernah dilakukan oleh Telkom.
b. Telkom menyasar pasar baru
dengan peluncuran Indifinance. Indifinance ini merupakan produk yang memberikan
kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan dengan berbagai
merchant.
Kaitannya dengan Kuadran III
(ST Strategi)
Menambah
portofolio perusahaan pada segmentasi pasar yang berbeda dapat membuat Telkom
semakin dikenal luas, dengan mengikuti tren pasar ini tentu akan membantu
Telkom untuk terus mempertahankan eksistensinya di dunia teknologi
Strategi perusahaan pada
Kuadran IV :
Untuk kuadran IV (Strategi WT),
meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman Telkom dapat memilih strategi Integrasi ke depan (Forward Integration)
Mendapatkan kepemilikan atau
meningkatkan kontrol atas penjalur atau penjual eceran
Strategi yang digunakan :
a. Peluncuran satelit merah putih guna
memperluas jangkauan internet Telkom di seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar
negeri.
b. Membuat penawaran provider internet
dengan kuantitas besar dan kualitas yang baik dan stabil untuk digunakan di
seluruh wilayah Indonesia
Kaitannya dengan kuadran IV (WT
Strategi) :
Jaringan
fiber optic yang telah banyak digunakan oleh pesaing dengan menawarkan harga
yang lebih rendah tentu membuat Telkom harus menemukan inovasi baru guna
pengembangan teknologi hingga tetap menjadi pilihan konsumen, dengan strategi
yang dilakukan dapat membuat Telkom memiliki jangkauan yang lebih luas dan stabil
hingga mampu untuk tetap bersaing.
Komentar
Posting Komentar