Pembahasan 11 - Strategi Bisnis Unit PT. Telkom
Dengan struktur
portofolio bisnis yang dimiliki saat ini, Telkom tentu akan menghadapi berbagai
peluang dan tantangan baru. Inilah yang harus menjadi fokus bagi Telkom untuk
dapat mempersiapkan seluruh sumber daya yang dimilikinya sehingga mampu menjadi
pemimpin dalam persaingan pasar global dan siap bersaing dengan kompetitornya
yang juga telah memiliki pangsa pasar yang cukup besar dan kekuatan aset yang
tidak sedikit.
Beberapa strategi bisnis
unit yang dapat dilakukan oleh PT Telkom antara lain :
MANAJEMEN OPERASI
Komponen biaya
operasional, perbaikan, dan layanan telekomunikasi usaha yang menduduki
peringkat pertama sekaligus berkontribusi terhadap tingginya beban perusahaan
dapat di tekan dengan cara:
Ø Melakukan efisiensi
biaya operasional,
Ø Perencanaan struktur
operasional bisnis yg efektif dan efisien,
Ø Perencanaan bisnis yg
tepat.
RESTRUKTURISASI
ORGANISASI DAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN
Jumlah karyawan Telkomsel
cenderung meningkat septiap tahun. Telkom Indonesia dalam Pencapaian Sustainable
Competitive Advantage, menghadapi ASEAN Economic Community dan Demografi 2030 Terdapat
dua solusi untuk Telkom dalam pencapaian Sustainable Competitive Advantage,
menghadapi ASEAN Economic Community dan
Demografi 2030 antara lain:
1.
Turn Around Business.
Dengan menjual anak
perusahaan Telkom yang tidak sesuai dengan Visi Telkom,
2.
Melakukan perampingan
karyawan.
Komponen yg memberikan
kontribusi terbesar ke-3 dalam struktur biaya usaha Telkom adalah biaya
karyawan. Dikatakan dengan pendapatan perusahaan, rasio perbandingan seorang karyawan
terhadap pendapatan perusahaan Telkomsel sebesar 10.27% dan grup Telkom selain
Telkomsel sebesar 0.76%. Dengan kata lain bahwa produktivitas seorang karyawan
Telkomsel sebanding dengan 13 sampai 14 orang di telkom dan anak perusahaan yg
lainnya. Dengan perbandingan tersebut mengartikan bahwa produktivitas 1 orang
karyawan Telkomsel sebagai anak perusahan cukup mewakilii pekerjaan 13 orang
karyawan Telkom. Hal ini menjelaskan rata-rata produktivitas karyawan telkom yg
jauh di bawah rata-rata anak perusahaan.
Peningkatan
produktivitas Telkom diperlukan untuk mempersiapkan kekuatan internal Telkom
nantinya. Hal pertama sebelum melakukan peningkatan produktivitas ini yang
nantinya disebut sebagai Potential Review, yang dimaksudkan sebagai berikut:
·
Melakukan pemetaan kembali karyawan yang mempunyai produktivitas
tinggi, menengah, dan berproduktivitas rendah,
·
Melakukan pemetaan karyawan-karyawan yang berpotensi untuk
menduduki posisi -posisi kunci dalam organisasi grup Telkom.
·
Melakukan pemetaan kesamaan visi dan misi karyawan dengan visi
dan misi korporat.
Kemudian perampingan
karyawan dapat juga dilakukan dengan membuat pekerjaan karyawan menjadi
seefektif mungkin. Untuk mengefektifkan pekerjaan karyawan dilakukan Job
Analysis yang akan menjumlahkan pekerjaan karyawan dalam kategori tidak
efektif, efektif atau bahkan overload. Setiap karyawan sebagai obyek analisa
akan di daftar semua jenis pekerjaan secara obyektif, di hitung jumlah
pekerjaan dan di hitung waktu kerja perusaahan sampai akan di rumuskan waktu
penyelesaian setiap pekerjaan yg di kerjakan oleh karyawan. Hal ini di
pergunakan untuk menghitung kapasitas normal pekerjaan karyawan.
RESTRUKTURISASI BISNIS GRUP
Bersama dengan seluruh
single busines unit nya (SBU), Telkom berusaha mewujudkan penguasaannya atas
Telekomunikasi, Informasi, Media, Edutainment dan Layanan di Indonesia maupun
di ASEAN. Saat ini banyak SBU Telkom sudah terarah memiliki visi yang sama
dengan Telkom untuk mewujudkan cita-citanya menjadi pemimpin Telekomunikasi,
Informasi, Media, Edutainment dan Layananya. Namun ada beberapa SBU yang belum
sejalan dengan Telkom sehingga hal ini menjadi salah satu ancaman Telkom. Untuk
mewujudkan visinya, Telkom masih berupaya menambah portofolio bisnisnya
sehingga seluruh kebutuhan grup dapat di maksimalkan dari internal grup
sendiri. Hal tersebut wajar, namun belum optimal mengingat ketidak fokusan
Telkom maupun SBU nya menjalankan bisnis di Industri yang ada.
Untuk mengoptimalkan
bisnis Telkom sejalan dengan visi yang di kejarnya, SBU dalam grup Telkom harus
di kelompokan berdasarkan grup dengan kesamaan bisnis seperti:
a.
Grup Bisnis Telekomunikasi
b.
Grup Bisnis Informasi dan Teknologi
c.
Grup Bisnis Media
d.
Grup Bisnis Edutainment
e.
Grup Bisnis Jaya Layanan
Komentar
Posting Komentar