Pembahasan 11 - Strategi Bisnis Unit PT. Telkom




Dengan struktur portofolio bisnis yang dimiliki saat ini, Telkom tentu akan menghadapi berbagai peluang dan tantangan baru. Inilah yang harus menjadi fokus bagi Telkom untuk dapat mempersiapkan seluruh sumber daya yang dimilikinya sehingga mampu menjadi pemimpin dalam persaingan pasar global dan siap bersaing dengan kompetitornya yang juga telah memiliki pangsa pasar yang cukup besar dan kekuatan aset yang tidak sedikit.
Beberapa strategi bisnis unit yang dapat dilakukan oleh PT Telkom antara lain :
MANAJEMEN OPERASI
Komponen biaya operasional, perbaikan, dan layanan telekomunikasi usaha yang menduduki peringkat pertama sekaligus berkontribusi terhadap tingginya beban perusahaan dapat di tekan dengan cara:
Ø  Melakukan efisiensi biaya operasional,
Ø  Perencanaan struktur operasional bisnis yg efektif dan efisien,
Ø  Perencanaan bisnis yg tepat.

RESTRUKTURISASI ORGANISASI DAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN
Jumlah karyawan Telkomsel cenderung meningkat septiap tahun. Telkom Indonesia dalam Pencapaian Sustainable Competitive Advantage, menghadapi ASEAN Economic Community dan Demografi 2030 Terdapat dua solusi untuk Telkom dalam pencapaian Sustainable Competitive Advantage, menghadapi  ASEAN Economic Community dan Demografi 2030 antara lain:
1.      Turn Around Business.
Dengan menjual anak perusahaan Telkom yang tidak sesuai dengan Visi Telkom,
2.      Melakukan perampingan karyawan.
Komponen yg memberikan kontribusi terbesar ke-3 dalam struktur biaya usaha Telkom adalah biaya karyawan. Dikatakan dengan pendapatan perusahaan, rasio perbandingan seorang karyawan terhadap pendapatan perusahaan Telkomsel sebesar 10.27% dan grup Telkom selain Telkomsel sebesar 0.76%. Dengan kata lain bahwa produktivitas seorang karyawan Telkomsel sebanding dengan 13 sampai 14 orang di telkom dan anak perusahaan yg lainnya. Dengan perbandingan tersebut mengartikan bahwa produktivitas 1 orang karyawan Telkomsel sebagai anak perusahan cukup mewakilii pekerjaan 13 orang karyawan Telkom. Hal ini menjelaskan rata-rata produktivitas karyawan telkom yg jauh di bawah rata-rata anak perusahaan.
Peningkatan produktivitas Telkom diperlukan untuk mempersiapkan kekuatan internal Telkom nantinya. Hal pertama sebelum melakukan peningkatan produktivitas ini yang nantinya disebut sebagai Potential Review, yang dimaksudkan sebagai berikut:
·         Melakukan pemetaan kembali karyawan yang mempunyai produktivitas tinggi, menengah, dan berproduktivitas rendah,
·         Melakukan pemetaan karyawan-karyawan yang berpotensi untuk menduduki posisi -posisi kunci dalam organisasi grup Telkom.
·         Melakukan pemetaan kesamaan visi dan misi karyawan dengan visi dan misi korporat.
Kemudian perampingan karyawan dapat juga dilakukan dengan membuat pekerjaan karyawan menjadi seefektif mungkin. Untuk mengefektifkan pekerjaan karyawan dilakukan Job Analysis yang akan menjumlahkan pekerjaan karyawan dalam kategori tidak efektif, efektif atau bahkan overload. Setiap karyawan sebagai obyek analisa akan di daftar semua jenis pekerjaan secara obyektif, di hitung jumlah pekerjaan dan di hitung waktu kerja perusaahan sampai akan di rumuskan waktu penyelesaian setiap pekerjaan yg di kerjakan oleh karyawan. Hal ini di pergunakan untuk menghitung kapasitas normal pekerjaan karyawan.

RESTRUKTURISASI BISNIS GRUP
Bersama dengan seluruh single busines unit nya (SBU), Telkom berusaha mewujudkan penguasaannya atas Telekomunikasi, Informasi, Media, Edutainment dan Layanan di Indonesia maupun di ASEAN. Saat ini banyak SBU Telkom sudah terarah memiliki visi yang sama dengan Telkom untuk mewujudkan cita-citanya menjadi pemimpin Telekomunikasi, Informasi, Media, Edutainment dan Layananya. Namun ada beberapa SBU yang belum sejalan dengan Telkom sehingga hal ini menjadi salah satu ancaman Telkom. Untuk mewujudkan visinya, Telkom masih berupaya menambah portofolio bisnisnya sehingga seluruh kebutuhan grup dapat di maksimalkan dari internal grup sendiri. Hal tersebut wajar, namun belum optimal mengingat ketidak fokusan Telkom maupun SBU nya menjalankan bisnis di Industri yang ada.
Untuk mengoptimalkan bisnis Telkom sejalan dengan visi yang di kejarnya, SBU dalam grup Telkom harus di kelompokan berdasarkan grup dengan kesamaan bisnis seperti:
a.       Grup Bisnis Telekomunikasi
b.      Grup Bisnis Informasi dan Teknologi
c.       Grup Bisnis Media
d.      Grup Bisnis Edutainment
e.       Grup Bisnis Jaya Layanan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan 8 : Diagram SWOT dan Prioritas Strategi PT Telkom