Postingan

Pembahasan 8 : Diagram SWOT dan Prioritas Strategi PT Telkom

Gambar
Berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh dari analisis internal dan eksternal pada pembahasan VI dan pembahasan VII,  hasilnya dapat  dirangkum  sebagai berikut : •         Skor Total Kekuatan adalah 3,32 •         Skor Total Kelemahan adalah -3,07 •         Skor Total Peluang adalah 3,35 •         Skor Total Ancaman adalah -3,29 Berdasarkan skor total tersebut, maka penentuan posisi PT. Telkom Indonesia dapat digambarkan dalam bentuk matrik SWOT dengan mempertemukan titik koordinat analisis internal dan analisis eksternal perusahaan. Untuk mencari koordinatnya, dapat menggunakan cara berikut: •       Koordinat   Analisis   Internal Faktor Strategis (Skor   total Kekuatan + Skor Total Kelemahan) =            ...

Pembahasan 5 : Analisis Value Chain PT. Telkom

Gambar
Aktifitas Primer Dalam menjalankan aktifitas primer, PT. Telkom sudah menjalankan segala aktivitas utama dengan baik sesuai dengan strandar yang telah ditetapkan, namun PT. Telkom memiliki fokus lebih terhadap beberapa aspek penting yang kemudian menjadi keunggulan perusahaan, diantaranya layanan pada pelanggan dan logistik ke luar. A. Layanan Pelanggan Pelanggan adalah hal terpenting dalam berbagai bisnis yang dijalankan oleh perusahaan, maka dari itu demi memfasilitasi pelanggan agar dapat mengakses produk dan layanan mereka dengan baik, maka pihak perusahaan menciptakan beberapa layanan nilai tambah seperti memberikan fasilitas kemudan kepada pelanggan dalam mengakses segala informasi mengenai produk dan melayani berbagai keluhan pelanggan. Layanan ini terdiri dari berbagai bentuk misalnya PT. Telkom memiliki Plasa Telkom dan GraPARI sebagai sarana layanan offline atau langsung, layanan Call Center yang melayani keluhan via telepon yang tentu bebas pulsa dan f...

Pembahasan 7 : EFAS PT. Telkom

Eksternal Factor Analysis Strategi (EFAS)  PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kondisi eksternal perusahaan Envorimental Threat and opportunity profil (ETOP) Faktor Eksternal Dampak : opportunity / threat Ekonomi + Pertumbuhan industri telekomunikasi di Indonesia -  Kondisi perekonomian yang tidak stabil Pemerintah + Adanya dukungan dari pemerintah - Kesulitan dalam memperolrh izin mengenai kebijakan Teknologi - Ancaman keamanan data pada jaringan akses kabel Telkom Pesaing - Banyaknya pesaing dengan penawaran harga yang lebih variatif Customer + Tingginya permintaan masyarakat terhadap akses internet + Citra merek perusahaan sangat baik di masyarakat - Beberapa produk yang sudah tertinggal karena tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini Pemegang Saham + Saham terbesar dimiliki oleh pemerintah Lingkungan Sosial + ...